Senin, 11 Januari 2010

Pansus Angket Scandal Century Mulai Lumpuh

Beberapa hari lalu, Pansus Hak Angket Century sepakat mengusulkan Wapres Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk dinonaktifkan dari jabatan masing masing supaya mempermudah untuk dimintai keterangan. Dua Pejabat Tinggi Negara ini merupakan saksi kunci terkait scandal Bank Century yang meraup uang Negara sebesar 6, 7 Triliun.

Alhasil, usulan Panitia Angket menimbulkan Pro Kontra dan berakhir bahwa Dua pejabat tersebut tetap kokoh pada jabatannya. Hal ini bukan saja karena ditolak oleh Presiden dengan alasan kontitusi, tapi juga muncul dukungan kelompok lain.

Semangat Anggota Angket Century untuk membongkar Scandal Century, sejumlah pihak lain yang berkompeten terkait seperti, Miranda Gultom, Anwar Nasution dll juga telah dimintai keterangan dan memberi keterangan yang berbeda. Perbedaan keterangan semakin tajam dan jauh dari harapan ketika Pak Boediono dan Ibu Sri Mulyani dipanggil.

Sepertinya Pansus Angket Century mulai kebingungan menghadapai sejumlah keterangan yang berbeda. Disatu sisi Pansus Angket Century terus mendapat tekanan masyarakat tampa pawer dan disisi lainnya kehilangan akal menghadapi para punggawa perbankan yang sangat berkualitas dengan pawer penuh.

Belakangan kita juga mencuim adanya beda pendapat dan ketidakpuasan terjadi dalam internal Panitia Angket. Hal ini menandai bahwa Pansus Angket Century mulai lumpuh.

Kondisi ini memaksa Pansus Century akan mengambil beberapa langkah strategis yang diprediksikan sebagai berikut.

  1. Pansus Angket Century tidak mau kehilangan muka untuk keduakali dari gagalnya usulan menonaktifkan Wapres dan Menkeu. Maka menuntaskan scandal Century akan tetap dijalankan secara normatif melalui proses hukum
  2. Pansus Angket Century akan mengambil langkah negosiasi yang berakhir dengan pembenaran dan menyetujui bailout ke Bank Century.

Jika hal ini benar terjadi, maka penegakan hukum dan punahnya korupsi semakin jauh dari harapan. Kekuatiran terbesar saya dari scandal Century bahwa Pansus Angket Century yang telah menguasai masalah akan mengambil pembelajaran atau mengajak pihak lain untuk melakukan hal yang sama pada lain waktu.

Semestinya, scandal Century dijadikan awal atau target yang tepat oleh Pansus Angket Century bukan saja untuk mengembalikan citra DPR RI yang lagi buruk tapi menjadi awal yang tepat dimulainya penegakan hukum dan pemberantasan korupsi yang selama ini didominasi oleh pejabat tinggi Negara baik Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif.



UMAR ALI MS
KA. UMUM PERHIMPUNAN RAKYAT NUSANTARA
HP. 08176787087

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sy sgt respect pd tulisan2 saudara di blog ini. semua mengungkapkan kepedulian untuk menjadikan negara ini ke depan lbh baik. sy py harapan thdp anda agar mengupas soal pelecehan para elit lokal di daerah terhadap alam. sejak era otda bergulir, kejahatan lingkungan merebak tak terbendung. semua ats nama pembangunan dan rakyat. namun apa hasilnya?? kesengsaraan rakyat makin berat terlebih bagi para petani yang mengandalkan hidup dari kemurahan alam. karena itu, saya sangat berharap anda dpt mngupas ttg kejahatan lingkungan para elit lokal tersebut. semoga menjadi bahan renungan bagi kita semua.

silakan gabung juga di blog pribadi saya di :

http://janurahabazzain.blogspot.com

thx. slm kenal...